Blog Guru Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar

Blog Guru Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar | Sudah lama sekali, tidak menganalisa hal di sekitar. Tapi kali ini kita siapkan segelas kopi hangat, dan mulai berdiskusi.... Walau lebih ke pendapat pribadi daripada diskusi, tapi anda bisa berdiskusi di komentar.

Blog, sesuatu yang mendarah daging bagi orang yang memiliki tujuan ketika terjun di dunia maya, seperti saya, dan teman - teman lainya. Lalu apa Blog diperlukan oleh seorang Guru ? ini yang akan menjadi inti dari artikel.

Teknologi sudah mulai merambah ke dunia pendidikan dimulai dari komputer dan yang terbaru adalah proyektor yang siap pakai di setiap kelas. Misal adalah menjadi populernya internet sebagai media pembelajaran baru dikalangan Guru, serta murid- murid di berbagai jenjang pendidikan. E-learning, yah itulah kegiatan belajar mengajar yang di lakukan di dunia mbak maya, pada dasarnya semua informasi yang ada di internet bersumber dari link tiap artikel dan jadilah sebuah ilmu(informasi).

Blog adalah salah satu dari banyak cara Media Sharing. Ada yang mengatakan ?untuk apa membuat blog, cukup kita buat presentasi kemudian diberikan kepada murid, itu akan lebih efisien. Saya katakan tergantung... banyak sekali macam karakteristik siswa, ada yang dia suka dengan membaca buku, e-book, atau membaca dari internet. Jadi tergantung kondisi dan karakteristik siswa. Saya lebih suka browsing dari pada membaca buku dan menyimak slide presentasi. Karena dengan browsing, tidak hanya ilmu 1,2 dan 3 saja yang bisa saya dapatkan tapi saya juga mendapatkan 001,010 dan 100. Lebih baik mana, informasi dari 1 otak atau dari ribuan otak ?. Nah blogger lah yang menjadi penengah disini. Selain siswa di berikan soft-file alangkah baiknya sebagai lanjutan bisa menggunakan fasilitas blog. Selain bersifat universal, blog juga bisa memberikan kita masukkan tentang informasi yang kita share, karena tidak menutup kemungkinan suatu informasi melakukan updating.

Okey, saya makan dulu...pending ngetik 15 menit : D
____________________________________________________________________________
Sampai mana tadi....

Tidak salah jika anda beranggapan seorang guru tidak perlu memiliki blog/web pribadi karena murid akan otomatis mencarinya di Google. Jika saya bertanya, "bagaimana anda bisa di kenal oleh guru dari luar daerah anda ?" atau "betapa bangganya jika pemkiran anda yang anda tuangkan di blog kemudian di pakai oleh sekolah lain?" saya tidak yakin anda berfikir sampai seperti itu..karena seorang Guru yang saya kenal selama ini, hanya datang dikelas, memberi tugas, menerangkan, dan membuat nilai. Benar kan?apa sudah cukup? saya bukan seorang guru, tapi saya menulis dan berpendapat dari yang saya lihat selama dari Sekolah Dasar sampai SMA. Seorang guru hanya akan di kenal ilmunya di kalangan guru sekolah dan mentok di MGMP Kabupaten.

Bukan berbicara masalah tenar, tapi ini seperti orang jawa bilang, "golek jeneng, lagi golek jenang" translate to Bahasa "Mencari Nama Kemudian Mencari Nasi".

Artikel ini saya tulis untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anda yang berprofesi pengajar, agar nantinya semua pengajar di Tanah Air dapat Go Online With Blog. Semoga semakin maju sistem pendidikan di Indonesia. Sebagai contoh Blog Pendidikan, klik tombol di bawah ini.

8 comments:

  1. Melalui blog bisa sebagai sarana untuk berbagi dengan luas khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

    BalasHapus
  2. Nah, sehubungan dengan apa yang sobat tulis di atas, saya punya pengalaman kemarin ketika salah satu guru saya waktu SMP meminta saya untuk membuatkan blog coz dia berencana untuk menuangkan materi2 yang akan dia ajarkan di blognya serta sekalian memberikan pemahaman awal terhadap murid2 di kelasnya tentang perkembangan dunia internet.

    Terlepas dari itu dan ini adalah pendapat saya sendiri, untuk saat ini dan masa mendatang, sebaiknya seseorang yang berprofesi pengajar sudah harus memiliki kemampuan dalam mengelolah konsep penyampaian informasi kepada anak didiknya yang berhubungan denga teknologi karena jgn sampai malah anak didiknya yang lebih paham dalam hal ini. Kan agak gmn gitu ketika seorang murid bertanya tentang hal itu kepada gurunya tapi gurunya belum tau akan hal itu. Sudah dulu ngetiknya nanti dilanjutin lagi kalau ada tanggapan dari sobat tentang komentar saya ini... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob,,selain memajukan murid2nya di bidang iptek, guru tersebut bisa di kenal oleh guru2 yang di luar daerah, karena materi dan informasi di blog tersebut menjadi alat bantu bagi2 guru2 yang belum tau informasi atau kurang materi... otomatis juga memajukan iptek guru di bidang blog untuk tanah air...

      Hapus
  3. berkunjung sobat :) skaligus menyimak tulisan yang keren ini :)

    BalasHapus

 
D2D :] © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top