cara,blog,tips,tutorial,Optimasi SEO
Cara Nyaman Ikut Kontes Blog | Daripada dirumah bengong kenapa ga nulis artikel aja. Kebetulan aku baru ikut kontes blog, buat artikel tentang kontes blog. Apa bedanya Kontes Blog dengan Kontes SEO ? dari pengamatan ku, kontes blog melakukan penilaian dari mutu / kualitas artikel. Jadi si pembuat kontes otomatis akan melakukan review di setiap artikel blog. Ga peduli artikel ada di jajaran halaman google, selama artikel itu bermutu. Biasanya yang akan mengadakan adalah dari perusahaan yang memiliki produk fisik. Jadi mereka ga begitu mentingkan SEO, tapi kualitas artikel yang akan membuat pelanggan datang pada mereka. masuk akal ?

Kalau kontes SEO, dari namanya aja SEO, pasti yang jadi senjata andalannya adalah SEO. Aku belum begitu mengerti tentang SEO, lagian judul artikelnya bukan tentang SEO. Emang Blogger ga pernah bisa lepas dari yang nama SEO, tapi apapun itu kualitas artikel tidak bisa diremehkan.

Apa agan udah baca artikel kontes blog ku ? kalau belum boleh baca disini. Itu adalah Kontes Pedana aku selama ngeblog dari bulan Mei 2012. Yang selalu jadi sahabat setia ku adalah laptop dan modem, mereka selalu membuat ku nyaman waktu nulis artikel. Nulis artikel yang panjangnya lebih dari 500 kata memakai bahasa sendiri pastilah sulit. Nah, aku punya tips agar sewaktu kita ikut kontes blog, perasaan kita menjadi nyaman, ngetik pun bisa sambil senyum. : )

1. Pikirkan Alur Artikel
Setiap saya buat artikel yang bukan tutorial, pasti hal pertama yang saya lakukan adalah memikirkan alur, akan saya bawa kemana artikel, gimana hubungan antar isi artikel, dimana harus saya letakan humor, bagaimana akhir artikelnya, dimana bagian serius. Setelah semua ketemu, nulis pun seperti sudah ada bayangan sehingga tidak perlu lagi mikir pusing di tengah nulis.

2. Pahami Kontes Blog
Kalau ini jelas, gimana persyaratan, penjurian, pendaftaran semua harus dipahami.

3. Buat Dengan Bahasa Sendiri
Ini yang sulit, karna mungkin kita akan memakai 80% kata dari sumber kontes. Jika akan memakai jangan langsung main ctrl-c kemudian ctrl-v tapi usahakan di variasi dengan bahasa kita sendiri namun tetap sama dengan informasi yang ada di sumber kontes. Kalau saya jadi pembuat kontes, menemukan blog yang banyak copas dari blog saya, tentu itu akan saya hiraukan karna cuma ambil dari blog ku, bukan dari bahasa sendiri. Kalau cuma copas ga ada bedanya dengan menulis ulang. Referensi bukan berarti seolah - olah mengambil semua dengan sama persis.

4. Jadikan Tempat Kerjamu Senyaman Mungkin
Agar mendukung sewaktu kita nulis, alangkah baiknya dengan diselingi segelas teh atau kopi hangat, kalau saya ngetik artikel malam seperti ini, disamping saya pasti ada segelas es kopi. Kalau artikel siang, pasti ada es teh dan cemilan. Biasa juga dengerin lagu. Sesuai dengan alur artikel, jika artikel cenderung serius bisa pake OST Death Note, kalau artikel biasa aja cukup pakai K-POP tapi kalau banyak candanya bisa deh pakai lagu dangdut atau jedag jedug.

5. Buang Jauh Pikiran Pemenang
Semua pasti ingin menang, tapi untuk satu ini jangan terlalu berkhayal mendapatkan hadiah jutaan, karna saingan kita ada ratusan dan semua bertarung di arena yang sama yang disebut Google. Anggap saja ikut, sekedar menambah pengalaman. Bukan semata - mata jadi pemenang, jika kalah pasti galau tingkat dewa.

5 tips, yang akan membuat kita betah duduk di depan layar. Membuat artikel bermutu itu memang sulit tapi jika kita nyaman pasti kita akan bisa menulis artikel yang high quality.

39 comments:

  1. horee yg pertama....:)
    aq belum pernah ikut kontes,btw mksh tipsnya sob

    BalasHapus
  2. "Jangan Jadikan Tempat Kerjamu Senyaman Mungkin". menarik nih buat saya. artinya, kemapanan dalam membuat karya sebaiknya dihindari, lebih inspiratif begitukah maksudnya? asyik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya begitulah lah yang bener "Jadikan Tempat Kerjamu Senyaman Mungkin" :D

      Hapus
    2. loh, koq ada "jangan"nya ya? haha... saya salah kutip kemarenkah?

      saya setuju untuk jangan berpikiran sebagai pemenang. karena dengan ini kita akan siap kalah. kalah is biasa. dan kalo menang, bakalan berasa surprise.

      Hapus
    3. Iya sob siap kalah itu lebih penting daripada siap menang ;)

      Hapus
  3. setau saya,,gak ada cara nyaman buat ikut kontes SEO,,karena itu melanggar peraturan dari Google,,hehehe...tapi kalo mau coba" sih boleh" aja,,asalkan menang,,jadi gak sia",,lanjut dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini maksutnya nyaman waktu membuat tulisan "kontes blog" ;)

      Hapus
  4. Baru belajar mengikuti kontes SEO yang pertama kali

    BalasHapus
  5. tips bagus, sayang ngak pernah ikut kontes

    BalasHapus
  6. saya ga terlalu berfikiran buat jadi pemenang,yang penting ikut ajalah buat nambah pengalaman sob.

    BalasHapus
  7. saya juga mau ikutan sob. itung-itung uji skil..hehehe
    sekalian saya follow blog.

    jangan lupa mampir di blog saya yang baru, sekalian di follow..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okelah sob, sebentar lagi juga launching blog baru :D

      Hapus
  8. menang urusan belakangan, yang terpenting kita sudah mencoba untuk ikut, kalau kalah ya berarti bukan rejeki kita.heehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt sob yang oanting uji skill dan cari pengalaman :D

      Hapus
  9. Masukan dan petunjuk yang bermanfaat, bener sekali kalau sedang ikut dan mau nulis mending dibawa nyantai, anggap aja cuma sekedar mau publish artikel
    :)
    setuju sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. sob followersnya dimana??
      disekitar sini tidak ada..
      ~x(

      dihome page aaa?? :-/

      Hapus
    2. di setiap halaman aja sob,,mungkin koneksi ;)

      Hapus
    3. oia sob, di homepage lupa kalau udah aku ganti.. :D

      Hapus
  10. Tips yang bagus teman, followback ya :)

    BalasHapus
  11. Nice posting, maaf cuma kunjungan rutin aja :D

    BalasHapus
  12. wah ghitu yah sob,,, kbetulan q juga lg belar ngikut kontes Seo tp sayang artikelku talempar entah kehalaman berapa.... hufff tp gpp lah yg penting enjoi ajha...

    BalasHapus
  13. Gak ngerti ama yg kyak ghinian... Nyimak ajha... kyaknya saya masih jauh... maklum nyewbe.. ditunggu kunjungan baliknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga newbie sob, tapi ga ada salahnya ngasih tips buat sesama :D

      Hapus
  14. Tips nya bagus, belum kepikiran nih ikut kontes seo.

    Sob blognya sudah tak follow. Follow backnya ditunggu..

    BalasHapus
  15. Ane ikut Kontes seo gk menang2 SOB :p

    BalasHapus

 
D2D :] © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top